SBI571 Sistem Agribisnis dan Agroindustri

Kode Mata Kuliah: SBI 571
Kredit : 2 (2-0)
 

OUTLINE PERKULIAHAN (COURSE OUTLINE)

Diskripsi Mata Kuliah (Course Discription)

Penyerapan tenaga kerja di Indonesia sebagian besar bergerak pada sektor agribisnis yang mencapai 75% dari seluruh peluang kerja. Oleh sebab itu pengetahuan mengenai sistem agribisnis sangat penting untuk mengetahui  sistem pertanian mulai dari sistem hulu hingga sistem hilir. Hal ini akan menunjang kemampuan dan menambah pengetahuan pada saat bekerja maupun berbisnis khususnya pada sektor Agribisnis.

Mata kuliah  Sistem Agribisnis dan Agroindustri (SAG) ini membahas mengenai definisi dan ruang lingkup agribisnis, agribisnis sebagai suatu sistem dan keterkaitan antara komponen-komponen sistem, deskripsi statistik sektor agribisnis, peranan dan fungsi perusahaan agribisnis, isu-isu pokok (key issues) yang dihadapi perusahaan agribisnis dan analisis mendalam (in-depth look) tentang produksi, pengolahan dan pemasaran produk-produk agribisnis terpilih.

Di samping perkuliahan tatap muka di kelas, mahasiswa akan diberi tugas-tugas mengenai sistem Agribisnis baik dari dalam negeri maupun luar.

Tujuan Mata Kuliah (Course Aims)

Mata kuliah Sistem Agribisnis (SAG) bertujuan untuk membekali pengetahuan dasar tentang sistem agribisnis bagi para mahasiswa SB-IPB agar dapat mengikuti mata kuliah-mata kuliah selanjutnya.  Mata kuliah ini membahas mengenai Pengertian dan ruang lingkup sistem agribisnis, Elemen-elemen sistem agribisnis, dan Lembaga-lembaga pendukung sistem agribisnis.

Learning Outcomes MK Sistem Agribisnis

Setelah menyelesaikan perkuliahan Sistem Agribisnis mahasiswa akan :

  1. Mampu memahami konsep , ruang lingkup, serta komponen-komponen sistem Agribisnis mulai dari sektor hulu hingga hilir menjadi peluang bisnis. LO1
  2. Mampu memahami dan mengintegrasikan pengertian, faktor yang mempengaruhi, peranan, serta pengembangan (sub-sistem produksi, sub-sistem pemasaran, sub-sistem Agroindustri Hulu dan Hilir, Sub-sistem Layanan Pendukung) sebagai informasi dalam menyelesaikan permasalahan bisnis. LO5
  3. Mampu memahami mengenai peranan dan fungsi perusahaan agribisnis dan isu-isu mengenai produk-produk agribisnis secara berkela LO10
  4. Mampu bekerjasama sebagai anggota tim dalam menyelesaikan tugas-tugas dan membuat keputusan. LO8
  5. Mampu menerapkan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah secara kritis dalam lingkungan belajar maupun dunia kerja. LO4.
  6. Mampu memformulasikan dan mengkomunikasikan argumentasi yang efektif secara lisan dan tertulis ke berbagai pemangku kepentingan.LO9

 

Secara khusus, MK Sistem Agribisnis akan mendukung pencapaian LO1, LO4, LO5, LO8,LO9 dan LO110. Tabel 1. berikut menjelaskan keterkaitan MK Sistem Agribisnis dengan keseluruhan LO SB-IPB dan bagaimana kita akan mencapai tujuan tersebut.

 

Tabel 1. Keterkaitan LO SB-IPB dengan LO MK Sistem Agribisnis

Learning Goal dan Learning Outcome SB-IPB Learning Outcome Sistem Agribisnis Penilaian (Assessment)
Statistika Bisnis membantu mencapai tujuan LO SB-IPB Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa akan bisa : LO akan dinilai dengan cara:
1 Entrepreneurial Thinking and Acting

LO1

 

ü  Mampu memahami  konsep , ruang lingkup, serta komponen-komponen sistem Agribisnis mulai dari sektor hulu hingga hilir menjadi peluang bisnis. ü Diskusi selama perkuliahan & presentasi

 

2 Critical Thinking and Problem Solving

LO4

LO5

ü Mampu memahami dan mengintegrasikan  pengertian, faktor yang mempengaruhi, peranan, serta pengembangan (sub-sistem produksi, sub-sistem pemasaran, sub-sistem Agroindustri Hulu dan Hilir, Sub-sistem Layanan Pendukung) sebagai informasi dalam menyelesaikan permasalahan bisnis.

ü Menerapkan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah secara kritis dalam lingkungan belajar maupun dunia kerja.

ü Diskusi selama perkuliahan & presentasi

 

3 Leadership and Teamwork

LO8

 

ü  Mampu bekerjasama sebagai anggota tim dalam menyelesaikan tugas-tugas dan membuat keputusan. ü Tugas Akhir Kelompok
4 Business Communication

LO9

ü  Mengidentifikasi dan menerapkan strategi untuk mengatasi hambatan komunikasi lintas budaya yang efektif. ü Diskusi selama perkuliahan & presentasi
5 Sustainable Business Practices

LO 10

ü  Mampu memahami mengenai peranan dan fungsi perusahaan agribisnis dan isu-isu mengenai produk-produk agribisnis secara berkelanjutan. ü Diskusi perkuliahan dan presentasi

ü Tugas Presentasi

 

 

 PENDEKATAN PEMBELAJARAN (THE APPROACH TO LEARNING)

Sistem Agribisnis memfokuskan proses belajar mengajar pada keterlibatan mahasiswa secara aktif proses pemahaman materi perkuliahan. Dengan demikian, proses assessment tidak hanya berfokus pada ujian tulis, tetapi juga pemecahan masalah kasus-kasus permasalah agribisnis.

Kelas akan dibagi ke dalam kelompok kecil beranggotakan @4-5 orang. Setiap kelompok akan diberikan tugas untuk membahas kasus-kasus berbeda lokal maupun internasional serta diminta mempresentasikan secara bergantian. Kesempatan untuk mempresentasikan hasil pembahasan kasus akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasi (communication skills)

SISTEM PENILAIAN (ASSESSMENT)

Penilaian akan didasarkan pada kehadiran di kelas perkuliahan, kehadiran di kepas praktikum/responsi, nilai UTS dan UAS, serta Tugas Praktikum, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kehadiran di kelas perkuliahan minimal 80%, bobot 5%.
  • Kehadiran di kelas praktikum 100%, bobot 5%.
  • Nilai Tugas dan Presentasi :
    1. Tugas I bobot nilai 30%
    2. Tugas II bobot nilai 30%
    3. Tugas III bobot nilai 30%

Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kehadiran tidak diperkenankan mengikuti ujian, kecuali dengan alasan yang bisa diterima dan mendapat persetujuan dari Dosen Pengampu dan Pimpinan SB-IPB.

BUKU TEKS DAN MATERIAL PERKULIAHAN  (LEARNING RESOURCES AND SUPPORTS)

Perkuliahan Mata Kuliah Sistem Agribisnis akan menggunakan buku rujukan utama sbb:

  1. Beierlein, J.G., and Woolverton, M.W. 1995. Agribusiness Marketing : the Management Perspective. Prentice-Hall
  2. Downey, W.D., and Erickson, S.P. 1987. Agribusiness Management, 2 nd Edition.  McGraw-Hill
  3. Gumbira-Said, E., Intan, A.H. 2001. Manajemen Agribisnis. Jakarta : Ghalia Indonesia
  4. Schaffner, D.J., Schroeder, W. L., and Earle, M.D. 1998. Food Marketing : An International Perspective. McGraw Hill International Edition

 

DOSEN PENGAMPU  (LECTURER TEAM)

  1. Prof. Dr. Ir. Bunasor Sanim, M.Sc.
  2. Dr. Ir. Arief Daryanto, M.Ec.
  3. Dr. Ir. Dahrul Syah, MSc.Agr
  4. Dr. Ir. Rokhani Hasbullah, MSi