Sidang Promosi

Sidang Promosi Terbuka Program Doktor Sekolah Pascasarjana IPB merupakan promosi terhadap kompetensi promovendus dibidangnya sebagai calon doktor setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus dalam Ujian Tertutup. Sidang Promosi Terbuka juga dimaksudkan untuk diseminasi dan promosi hasil-hasil penelitian.

Ketentuan Penguji Luar Komisi pada Sidang Promosi Terbuka adalah:

  • Apabila kedua Penguji Luar Komisi pada Ujian Tertutup berasal dari internal IPB maka salah satu Penguji Luar Komisi pada Sidang Promosi Terbuka harus berasal dari luar lingkungan IPB.
  • Apabila Penguji Luar Komisi pada Ujian Tertutup berasal dari internal IPB dan luar lingkungan IPB maka Penguji Luar Komisi pada Sidang Promosi Terbuka harus sama dengan Penguji Luar Komisi pada Ujian Tertutup

Apabila perbaikan dari Komisi Pembimbing dan Penguji Luar Komisi pada Ujian Tertutup selesai dilaksanakan, mahasiswa dapat menyepakati waktu pelaksanaan Sidang Promosi Terbuka dengan Komisi Pembimbing dan Penguji Luar Komisi. Namun, waktu pelaksanaan Sidang Promosi Terbuka dapat disepakati ketika Ujian Tertutup berakhir dengan syarat mahasiswa harus bisa menyelesaikan perbaikan disertasi dari semua dosen dan memenuhi seluruh persyaratan Sidang Promosi Terbuka sebelum Sidang Promosi Terbuka yang telah disepakati tersebut dilaksanakan. Adapun persyaratan Sidang Promosi Terbuka yaitu :

  • Mahasiswa mengisi Formulir Sidang Promosi Terbuka (download) yang ditandatangani oleh ketiga komisi pembimbing dan kedua penguji luar komisi. Form Sidang Promosi Terbuka dapat diambil di Divisi Akademik dan kemahasiswaan SB-IPB atau diunduh di Website Pascasarjana IPB.
  • Lengkapi Administrasi keuangan ke bagian keuangan SB-IPB
  • Mahasiswa membuat Surat Tanggapan dari Komentar Penguji Luar Komisi (Risalah Mahasiswa) berdasarkan masukan pada saat Ujian Tertutup dilaksanakan. Surat tersebut ditandatangani oleh Mahasiswa dan Ketua Komisi pembimbing (Contoh Surat tersebut sama dengan Surat Tanggapan dari Komentar Penguji Luar Komisi (Risalah Mahasiswa pada waktu ujian tertutup).
  • Mahasiswa menyiapkan Draft Disertasi bolak balik (Cover hitam) minimal 7 eks diserahkan 2 minggu sebelum pelaksanaan Sidang Promosi Terbuka dan cover dalamnya diparaf oleh ketua komisi pembimbing.
  • Mahasiswa menyiapkan Ringkasan Disertasi bolak balik (Cover hitam) maksimal 50 halaman sebanyak minimal 8 eks diserahkan 2 minggu sebelum pelaksanaan Sidang Promosi Terbuka dan cover dalamnya diparaf oleh ketua komisi pembimbing.
  • Mahasiswa menyiapkan 2 Jurnal Artikel Ilmiah (Jurnal Nasional dan Jurnal Internasional) sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Pascasarjana Nomor : 13532/IT3.10/KM/2013
  • Melampirkan Kartu Biru Bukti Kehadiran Sidang Promosi Terbuka dibidang manapun minimal 5 kali kehadiran.
  • Mahasiswa memastikan bahwa peserta Sidang Promosi Terbuka yang harus hadir adalah minimal 20 orang.
  • Mahasiswa mengenakan Jas + kemeja berdasi/blazer pada saat pelaksanaan Sidang Promosi Terbuka.
  • Seluruh persyaratan Sidang Promosi Terbuka diserahkan ke Bagian Akademik dan Kemahasiswaan SB-IPB paling lambat 2 minggu sebelum pelaksanaan Sidang Promosi Terbuka