Studium Generale: “Poultry Industry in Indonesia: Chalengges and Opportunities”


Senin (17 April 2017), Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB) bekerjasama dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia mengadakan Studium Generale yang bertajuk Poultry Industry in Indonesia: Chalengges and Opportunities. Pembicara pada kegiatan tersebut adalah bapak Arief Daryanto, PhD dan bapak Desianto B. Utomo, PhD.

Bapak Arief, begitu biasa beliau disapa menyampaiakn tentang kunci keberhasilah bisnis perunggasan antara lain adanya iklim yang sesuai yang membuat biaya pengelolaan kandang menjadi lebih murah, biaya tenaga kerja yang rendah, adanya dukungan kuat produksi jagung dan kedelai lokal yang melimpah, adanya produksi yang terintegrasi (contract farming) antara perusahaan inti dan peternak plasma (dapat menggunakan skema koperasi), adanya perusahaan besar dengan manajemen yang baik, peralatan yang moderen, inovatif dan berbasis pasar (market driven), dan adanya iklim investasi yang kondusif.

Sedangkan bapak Desianto yang juga merupakan Ketua Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) berpendapat bahwa bisnis perunggasan merupakan bisnis yang menjanjikan dan akan terus mengalami peningkatan dikarenakan beberapa faktor, antara lain adalah bisnis yang dinamis dan dapat menyesuaikan dengan cepat terhadap perubahan faktor ekonomi. Beliau berharap kedepannya bisnis peunggasan nasional akan tumbuh dan berkembang dengan baik.