Ujian Tertutup

  1. Perencanaan Ujian Tertutup dilaksanakan oleh mahasiswa dan komisi pembimbing pada saat Sidang Komisi setelah mahasiswa melaksanakan seminar hasil penelitian. Penentuan waktu pelaksanaan Ujian Tertutup paling cepat 1 bulan setelah sidang komisi.
  2. Setelah tidak ada lagi perbaikan dari komisi pembimbing pada draft disertasi, komisi Pembimbing akan menentukan, menghubungi dan memastikan kesediaan Penguji Luar Komisi. Divisi Akademik dan Kemahasiswaan SB-IPB dapat membantu apabila komisi pembimbing mengalami kesulitan dalam menghubungi penguji luar komisi. Penguji Luar Komisi terdiri dari 1 penguji dari internal IPB dan 1 penguji dari luar lingkungan IPB. Mahasiswa dan Komisi Pembimbing saling berkoordinasi mengenai informasi Penguji Luar Komisi.
  3. Apabila Penguji Luar Komisi telah bersedia untuk menguji maka mahasiswa maka:
    a. Mahasiswa menginformasikan nama lengkap beserta gelar ke bagian akademik (melalui telpon  atau SMS ke 08111174457 atau email akademik.dmbipb@gmail.com) dan Divisi Akademik dan Kemahasiswaan SB-IPB akan memberikan Formulir Komentar Penguji Luar Komisi (Formulir Evaluasi Awal Sebelum Ujian Tertutup)
    kepada mahasiswa.
    b. Mahasiswa mencetak Draft Disertasi (cetak bolak balik dan dijilid hitam atau Jilid Spriral) sebanyak 2 eks.
    c. Mahasiswa menyerahkan kedua Draft Disertasi dan Formulir Komentar Penguji Luar Komisi  tersebut kepada setiap Penguji Luar Komisi agar Penguji Luar Komisi dapat mengoreksi draft disertasi dan menuliskan komentarnya pada Formulir Komentar Penguji Luar Komisi  tersebut.
    d. Satu Minggu kemudian mahasiswa mengambil Formulir Komentar Penguji Luar Komisi (Formulir Evaluasi Awal Sebelum Ujian Tertutup) dari kedua Penguji Luar Komisi dan segera memperbaiki draft disertasinya berdasarkan komentar dari Penguji Luar Komisi. Setelah draft disertasi selesai diperbaiki, mahasiswa menyerahkan kembali draft disertasi hasil perbaikan tersebut kepada Penguji Luar Komisi sampai mendapat persetujuan dari Penguji Luar Komisi bahwa Ujian Tertutup dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Apabila sudah tidak ada perbaikan lagi, mahasiswa mengambil kembali Draft Disertasi hasil koreksi dari setiap Penguji Luar Komisi.
    e. Setelah draft disertasi selesai diperbaiki, mahasiswa mengkomunikasikan kembali draft disertasi yang telah diperbaiki berserta salinan Formulir Komentar Penguji Luar Komisi (Formulir Evaluasi Awal Sebelum Ujian Tertutup) kepada Komisi Pembimbing untuk mendapat konfirmasi ulang terkait perizinan pelaksanaan Ujian Tertutup yang telah disepakati pada saat sidang komisi (point 1).
    f. Setelah mendapatkan kesepakatan waktu pelaksanaan ujian tertutup, mahasiswa melakukan pendaftaran Ujian Tertutup ke Divisi Akademik dan Kemahasiswaan SB-IPB dengan syarat sebagai berikut :
    Mahasiswa mengisi Formulir Ujian Tertutup yang ditandatangani oleh ketiga komisi pembimbing dan kedua penguji luar komisi. Form Ujian Tertutup dapat diambil di Divisi Akademik dan kemahasiswaan SB-IPB atau diunduh di Website Pascasarjana IPB.
    Mahasiswa mengisi Formulir Tambahan Ujian Tertutup (Form Terlampir pada email) yang ditandatangani oleh Ketua Komisi Pembimbing.
    Mahasiswa membuat Surat Tanggapan dari Komentar Penguji Luar Komisi (Risalah Mahasiswa). Surat tersebut ditandatangani oleh Mahasiswa dan Ketua Komisi pembimbing (Contoh Surat Terlampir pada email).
    Menyiapkan draft disertasi yang sudah diperbaiki berdasarkan koreksi Penguji Luar Komisi sebanyak 7 eks (3 untuk komisi pembimbing, 2 untuk penguji luar komisi, 1 untuk perwakilan program studi, dan 1 untuk perwakilan pascasarjana) dan cover dalam dari draft disertasi tersebut diparaf oleh Ketua Komisi Pembimbing.
    Mahasiswa menyerahkan Draft Disertasi hasil koreksi dari setiap Penguji Luar Komisi ke Bagian Akademik dan Kemahasiswaan SB-IPB
    Mahasiswa menyiapkan 2 Jurnal Artikel Ilmiah (Jurnal Nasional dan Jurnal Internasional) sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Pascasarjana Nomor :13532/IT3.10/KM/2013.
    Mahasiswa membuat Surat Keterangan Publikasi Jurnal yang ditujukan kepada Dekan Sekolah Pascasarjana IPB dan ditandatangani oleh mahasiswa dan Ketua Komisi Pembimbing (Contoh Surat Terlampir pada email) beserta Lampiran :
    a. Apabila status jurnal masih review maka lampiran berupa Surat
    Keterangan Jurnal dari Lembaga Jurnal, Artikel Jurnal hasil koreksi dari
    Reviewer dan Artikel Jurnal hasil perbaikan mahasiswa berdasarkan
    koreksi reviewer terakhir.
    b. Apabila status Jurnal sudah terbit maka lampiran berupa Surat
    Keterangan Jurnal dari Lembaga Jurnal dan Artikel Jurnal yang sudah
    terbit tersebut.
    Mahasiswa menyerahkan file asli kedua Formulir Komentar Penguji Luar Komisi (Formulir Evaluasi Awal Sebelum Ujian Tertutup) ke Bagian Akademik dan Kemahasiswaan SB-IPB
    Lengkapi Administrasi keuangan ke bagian keuangan SB-IPB.
    Mahasiswa mengenakan Jas + kemeja berdasi/blazer pada saat pelaksanaan Ujian Tertutup.

Apabila harus diadakan Ujian Tertutup Ulang maka alur proses pendaftaran sama dengan
seperti Ujian Tertutup Awal dengan kedua Penguji Luar Komisi yang sama.