Presensi Online

IPB University telah menerapkan presensi online bagi mahasiswa pada tahun akademik Genap 2019/2020. Presensi online tersebut bertujuan menyambut Green Campus 2020 yang salah satunya mengimplementasikan kebijakan paperless.

Kebijakan presensi online ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi sehingga tenaga kependidikan (tendik) tidak perlu lagi melakukan rekapitulasi kehadiran mahasiswa. Inovasi presensi online ini juga dapat meningkatkan disiplin kehadiran mahasiswa dan dosen sehingga perkuliahan dapat dimulai tepat waktu.

Presensi online juga merupakan upaya peningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi era 4.0. Sistem presensi online dibuat terbatas, yaitu satu perangkat hanya untuk satu peserta perkuliahan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan membentuk pribadi yang jujur serta bertanggung jawab.

Adapun tata cara presensi online ini sangat mudah. Pertama, mahasiswa harus menginstall aplikasi IPB Mobile terbaru. Kedua, login menggunakan user mahasiswa. Ketiga, Scan QR code melalui menu Akademik kemudian Scan Kehadiran.